Cara Makan Aman Untuk Menurunkan Berat Badan Yang Tidak Berbahaya Bagi Kesehatan

Pada dasarnya, kelebihan berat badan disebabkan oleh terlalu banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh. Dan kalori yang terbakar tidak sebanding dengan kalori yang masuk, sehingga kalori akan menumpuk dan diubah menjadi lemak.

Pada akhirnya, lemaklah yang membuat perut Anda kembung dan paha serta lengan Anda membesar. Pada dasarnya, kelebihan berat badan disebabkan oleh terlalu banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh. Dan kalori yang terbakar tidak sebanding dengan kalori yang masuk, sehingga kalori akan menumpuk dan diubah menjadi lemak. Pada akhirnya, lemaklah yang membuat perut Anda kembung dan paha serta lengan Anda membesar.

Bahkan jika Anda benar-benar ingin mencapai berat badan ideal, sebaiknya pilihlah pola makan yang tidak akan membahayakan kesehatan Anda. Menerapkan pola makan sehat secara alami tidaklah sulit karena pada dasarnya setiap orang—entah ingin kelebihan berat badan atau tidak—untuk menghindari berbagai penyakit kronis di kemudian hari. Jadi, bagaimana kita bisa mencapai pola makan yang alami dan sehat?

 

Pilih makanan yang tepat dan jangan melewatkan waktu makan

Cara makan yang alami dan sehat yang pertama adalah dengan memilih makanan yang Anda konsumsi setiap hari. Ya, pemilihan asupan makanan yang tepat berperan penting dalam kesuksesan rencana makan Anda.

Anda dapat mencapai makan sehat ini dengan menghindari makanan tinggi lemak dan gula. Makanan tinggi gula tinggi kalori dan tidak baik untuk tubuh Anda. Selain itu, hindari makanan kemasan dan gorengan karena hanya akan merusak pola makan sehat Anda.

Sebaliknya, jika ingin mengonsumsi makanan alami dan sehat, perbanyak asupan buah dan sayur. Namun, bukan berarti Anda tidak makan nasi atau lauk pauk. Semua makanan tersebut memang tetap dibutuhkan tubuh, namun Anda harus mengatur porsinya dengan baik.

 

Sesuaikan ukuran porsi dengan kebutuhan Anda

Setelah memilih makanan yang tepat, langkah makan sehat selanjutnya adalah mengatur porsi makanan. Anda harus makan sesuai dengan kebutuhan kalori harian Anda. Tentu hal ini tidak bisa dihitung sembarangan.

Jika Anda mengalami kesulitan, Anda dapat berkonsultasi dengan ahli gizi. Namun, bagi mereka yang kelebihan berat badan, biasanya bisa makan sebanyak 1500 kalori.

Untuk mempraktikkan pola makan yang sehat, ingatlah selalu bahwa Anda harus menyeimbangkan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda dalam satu kali makan. Anda bisa mengaturnya sesuai dengan prinsip gizi seimbang yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.

Oleh karena itu, untuk makan, Anda harus makan makanan pokok, lauk hewani, lauk nabati, semangkuk sayur, dan buah-buahan untuk mengalihkan perhatian. Anda dapat mengambilnya dalam porsi sesuai dengan diagram gizi seimbang di bawah ini.

 

Mengganti gula dengan pemanis yang lebih sehat

Banyak orang yang cenderung menyepelekan cara makan sehat ini. Padahal, cara makan sehat dengan pemanis yang lebih sehat sebagai pengganti gula merupakan cara yang efektif untuk menurunkan berat badan.

Seberapa sering Anda menambahkan gula pada makanan atau minuman Anda? Banyak orang tidak tahu berapa banyak gula yang mereka konsumsi dalam sehari. Ingat, gula dan makanan manis bisa menyebabkan kelebihan berat badan, yang tentunya tidak baik untuk kadar gula darah Anda.

Mulai sekarang, sebaiknya ganti gula dengan pemanis yang lebih rendah kalori namun tidak kalah manis dari gula. Ada banyak pemanis buatan yang tersedia saat ini yang rendah kalori, aman untuk kadar gula darah, dan tidak akan membuat skala Anda meroket.

 

Jadikan Olahraga sebagai Kebutuhan

Olahraga adalah diet sehat alami yang paling sederhana. Karena pola makan yang sehat secara alami tidak akan optimal jika Anda tidak berolahraga. Jadi, mulai sekarang jadikan olahraga sebagai kebutuhan, bukan kewajiban.

Karena tubuh Anda perlu membersihkan dan membakar kalori yang masuk. Bagaimana cara menghilangkan kalori dalam bentuk lemak jika tidak berolahraga secara teratur?

Biasakan untuk rutin berolahraga setiap hari, minimal 30 menit. Pertama, kamu bisa banget jalan santai atau jogging di area rumah selama 30 menit.

 

Menerapkan gaya hidup sehat

Setelah menerapkan berbagai cara makan sehat yang telah dijelaskan di atas, alangkah baiknya jika Anda juga menerapkan gaya hidup yang baik secara keseluruhan. Apa itu cara hidup yang baik?

Anda dapat melakukannya dengan beberapa cara, seperti tidur yang cukup dan menghindari larut malam. Lalu, hindari minum berlebihan dan jangan merokok. Hal-hal ini akan membantu Anda makan sehat secara alami dengan mudah dan sukses.

 

Pilihan makanan penurun berat badan yang sehat untuk konsumsi sehari-hari

Padahal, ada banyak makanan sehat penurun berat badan yang bisa Anda konsumsi. Namun, beberapa makanan sehat penurun berat badan berikut ini mungkin bisa menjadi referensi Anda.

1. Oatmeal

Oatmeal adalah salah satu makanan penurun berat badan sehat yang paling sering dikonsumsi. Bahkan oatmeal bisa dibilang sebagai makanan sehat penurun berat badan yang wajib ada di menu Anda setiap hari.

Sebuah studi selama 6 tahun oleh para peneliti di University of California membuktikan bahwa makan oatmeal sebagai bagian dari diet sehat dapat membantu menurunkan berat badan.

Dalam studi tersebut, ditemukan bahwa orang yang selalu makan oatmeal untuk sarapan memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah daripada mereka yang tidak sarapan sama sekali dan kelompok orang yang makan sarapan lainnya. Hal ini terjadi karena oatmeal merupakan makanan yang tinggi serat dan memiliki nilai indeks glikemik yang rendah.

Kandungan protein, magnesium, fosfor, dan vitamin B1 dalam oatmeal juga memiliki efek penghasil energi, membuat Anda tetap termotivasi saat beraktivitas.

Selain terbukti membantu menurunkan berat badan, oatmeal juga dapat membantu menjaga kadar kolesterol dan gula darah agar tetap pada jalurnya. Oatmeal mungkin menjadi pilihan yang tepat untuk menu sarapan rencana penurunan berat badan Anda.

2. Apel

Apel merupakan salah satu buah yang paling digemari saat orang melakukan diet. Buah berwarna merah atau hijau ini memang mengandung nutrisi baik yang bisa membantu menurunkan berat badan. Dalam satu buah apel kecil atau sekitar 85 gram, hanya mengandung 50 kalori dan 12 gram karbohidrat.

Dan serat yang dikandungnya adalah serat yang larut dalam air, yang secara efektif dapat membuat Anda lapar lebih lama. Ini berarti, Anda dapat menjaga agar apel tidak berfungsi sebagai makanan penurun berat badan yang sehat di antara waktu makan, mencegah Anda makan berlebihan. Apel juga memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga aman bagi penderita diabetes tetapi berusaha mengatur berat badannya.

 

3. Putih telur

Seringkali para binaragawan mengkonsumsi putih telur sebagai bagian dari menu diet sehat. Tidak seperti kuning telur, putih telur mengandung protein tinggi tetapi rendah lemak, menjadikannya tambahan yang sempurna untuk diet Anda.

Ya, ada 10,9 gram protein dalam 100 gram putih telur. Sedangkan lemaknya hanya sekitar 0,17 gram. Karena rendah lemak, Anda tidak perlu khawatir makanan ini menambah timbunan lemak tubuh Anda.

Plus, makanan diet sehat ini tidak memiliki nilai indeks glikemik karena tidak mengandung karbohidrat, sehingga penderita diabetes aman mengonsumsi putih telur.

Meski rendah lemak, Anda harus mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup sesuai kebutuhan. Jangan lupa untuk mengombinasikan putih telur dengan menu makan sehat lainnya agar asupan nutrisi tetap terpenuhi.

 

4. Brokoli

Anda bisa menganggap brokoli sebagai makanan penurun berat badan yang sehat. Itu karena brokoli rendah kalori namun kaya akan vitamin, serat dan mineral. Bayangkan hanya memiliki 30 kalori dalam satu cangkir berisi keripik brokoli. Untuk kandungan serat, brokoli mengandung serat hingga 5 gram yang dapat membantu Anda tetap merasa kenyang sepanjang hari.

Tak hanya itu, bagi penderita diabetes, sayuran ini bisa membantu mengatur kadar gula darah. Jadi, makanlah brokoli sebanyak yang Anda bisa tanpa meningkatkan gula darah Anda.

 

5. Ikan

Selain berbagai makanan yang disebutkan di atas, ikan juga bisa Anda konsumsi sebagai menu makanan sehat. Kandungan lemak baik pada ikan dapat membantu menurunkan berat badan. Berbeda dengan daging, ikan mengandung jenis lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan otak. Biasanya, lemak ini terdapat pada ikan laut dalam seperti salmon, tuna, dan mackerel.

Selain itu, sebuah penelitian yang dilakukan di Swedia menunjukkan bahwa orang yang makan ikan untuk makan malam cenderung mengonsumsi 11 persen lebih sedikit daripada pemakan daging.

Makan cukup daripada kelebihan asupan juga merupakan cara bagi penderita diabetes untuk mengelola penyakitnya. Agar ikan ini lebih efektif, hindari menggorengnya. Daripada mencoba menurunkan berat badan, lebih baik dikatakan bahwa proses memasak akan menyumbang lebih banyak lemak ke tubuh Anda.

 

6. Camilan yang rendah kalori

Tidak perlu menghentikan kebiasaan ngemil. Ngemil sebenarnya tidak terlarang bagi Anda selama diet. Saat ini banyak sekali cemilan sehat di pasaran yang dijual sebagai makanan sehat penurun berat badan.

Namun, pastikan camilan yang Anda konsumsi rendah kalori dan tidak tinggi gula. Karena itu, sebelum membeli jajanan sehat, pastikan untuk mengecek label nilai gizi yang tertera pada kemasan makanan. Perhatikan baik-baik kandungan gula, lemak, dan kalori dari camilan ini.